Buku Indonesia Ini di Lirik Penerbit di Inggris

Buku Indonesia Ini di Lirik Penerbit di Inggris

Diposting pada

Buku Indonesia Ini di Lirik Penerbit di Inggris

Buku Indonesia Ini di Lirik Penerbit di Inggris

Dengan semakin banyaknya buku karya-karya penulis dalam negeri yang dilirik dan diedarkan oleh para penerbit asing di luar negeri, tentunya semakin membuat pamor literasi serta sastra Indonesia naik di mata dunia.

Belum lama ini daftar buku yang dilirik oleh penerbit asing itu pun bertambah dengan diakuisisinya buku karya Eka Kurniawan berjudul Lelaki Harimau. Buku tersebut dibeli hak ciptanya oleh salah satu penerbit dari Inggris yaitu Verso Books UK. Untuk kalian yang ingin membaca buku ini dalam Bahasa Inggris, mungkin bisa mengikuti les Bahasa Inggris di Jogja terlebih dahulu agar lebih lancar.

Buku tersebut diterbitkan dan diedarkan oleh Verso Books UK dengan judul baru yaitu Man Tiger yang memiliki arti sama dengan judul dalam Bahasa Indonesianya. Bukan hanya diterbitkan dan diedarkan saja di Inggris, buku ini juga diluncurkan dan didiskusikan dalam sebuah ajang bergengsi di Inggris yaitu London Book Fair yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

LBF atau London Book Fair ini bukan lah sebuah pameran atau sebuah ajang jual beli buku biasa, melainkan lebih ke jual beli hak atau rights buku. LBF kali ini bahkan diramaikan oleh kurang lebih 25.000 pelaku industri yang datang dari 124 negara termasuk dari Indonesia.

Mungkin untuk mengikuti LBF ini kita perlu mendalami Bahasa Inggris dengan ikut les bahasa inggris di jogja. Sampai dengan tahun ini, LBF sudah diselenggarakan selama 144 kali dan untuk kali ini mengusung tema Making World Go Further. Pameran ini berlangsung selama tiga hari dan stand dari Indonesia menampilkan sekitar 223 buku yang sudah dipilih dari berbagai penerbit.

Jual beli hak penerbitan buku bukan satu-satunya kegiatan yang diselenggarakan di LBF. Selain itu ada juga kegiatan lain di masing-masing stand seperti diskusi serta peluncuran buku-buku baru.

Sari Meutia yang merupakan CEO dari Mizan Publishing yang kebetulan juga merupakan Koordinator dari Indonesia untuk LBF menyebutkan bahwa harapannya bukan hanya buku Eka saja yang dilirik oleh penerbit asing, tapi juga buku-buku lainnya.

Setelah sesi pemaparan dan diskusi untuk buku Man Tiger selesai, kemudian acara saat itu dilanjutkan dengan sesi serupa untuk membahas buku karya Arlyn Lawrence dan Desiree Sitompoel yang berjudul SophisTEAcation.

Selanjutnya pada hari berikutnya tanpa melupakan les Bahasa Inggris di Jogja, juga ada acara berupa bincang-bincang Animated Books atau Digital Books yang ada di Indonesia yang menjadi salah satu bagian dari Publishing for Digital Mind yang merupakan suatu konferensi besar bertaraf internasional.

Pada kegiatan tersebut, dihadirkan Ardian Elkana yang merupakan Presiden Asosiasi Animasi dan Konten Indonesia sebagai pembicara. Dalam pernyataannya kepada media, Sari menyebutkan bahwa Publishing for Digital Mind ini sangat penting untuk industri kreatif dan hampir semua penerbit sedang dalam perjalanan ke sini karena mengingat pengaruh digital yang semakin besar saat ini.

Dan untuk acara di hari selanjutnya, akan ada penerbitan buku karya Agustinus Wibowo serta pameran fotografi. Selain itu, ada agenda juga untuk bertemu penerbit besar dan terkenal yaitu Harper Lee pada hari tersebut.

Sari juga menegaskan bahwa orientasi dari LBF ini memang untuk jual beli rights buku bukan untuk les Bahasa Inggris di Jogja. Dan tahun lalu di ajang yang sama, pihaknya mendapatkan rights untuk buku karya penulis terkenal Dan Brown. Selain itu, LBF juga memiliki Insight Program yang memungkinkan para peserta ikut berdiskusi mengenai berbagai tema dan isu yang luas mulai dari politik hingga ke penerbitan.

Baca artikel kami lainya mengenai: tips mendapatkan banyak artikel dengan harga murah

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150415073001-241-46704/buku-indonesia-dilirik-penerbit-di-inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *